Selec Language

Mitshubishi Pajero Sport

Kedatangan Mitsubishi Pajero Sport dipastikan membuat Toyota Fortuner dan Ford Everest meradang. Seperti para kompetitornya tersebut, Pajero Sport tersedia dalam pilihan penggerak 2WD dan 4WD dan dibangun diatas platform Mitsubishi Strada Triton, double cabin yang sukses merajai segmennya di Indonesia. Pajero Sport juga mengambil keunggulan-keunggulan Pajero yang sukses di area rally Dakar. Chassis model ladder frame yang terkenal kokoh salah satunya.


Pajero Sport dibekali mesin turbo diesel 2,5 liter berteknologi common rail. Tenaganya 136 dk pada 3.500 rpm dan torsinya 314 Nm pada 2.000 rpm. Mitsubishi menjodohkan mesin itu dengan transmisi otomatis 4-speed berteknologi INVECS-II yang dilengkapi sports mode. Terdapat pula pilihan transmisi manual 5-speed. Khusus transmisi Pajero Sport 4x4 Exceed, dilengkapi sistem Super Select 4WD (SS4). Dengan adanya SS4, perpindahan dari 2WD ke 4WD dapat dilakukan sambil berjalan dengan kecepatan tidak lebih dari 100 km/j.

Posisi duduk yang cukup tinggi memberikan pandangan yang luas. Desain dashboard serupa dengan 'sepupunya', Strada Triton, tapi tentunya dengan sentuhan kemewahan berupa warna dasboard yang mengaplikasi warna hitam dan beige, serta aksen chrome yang membuat dashboard tampak sportif. Layar MID yang hadir di tengah dashboard berisi beragam informasi seperti konsumsi bahan bakar, kompas, dan berfungsi juga sebagai display head unit.

Pengendaraannya terasa keras, suspensi memantul-mantul saat melewati jalan  bergelombang. Lingkar kemudi yang terbungkus kulit dan dilengkapi kontrol audio, ternyata terasa cukup berat ketika diputar. Hal ini agak merepotkan untuk bermanuver di keramaian kota, meskipun tenaga dari mesin lebih spontan.

Saat melesat di jalan bebas hambatan, Pajero Sport menunjukkan performa layaknya mobil jalan raya. Lontaran tenaga dan torsi cukup membuat punggung menempel dengan sandaran jok.  Dan ternyata berkat kerasnya suspensi, mobil ini stabil di kecepatan tinggi.

Saat  mencoba kemampuan gerak empat rodanya, bantingan suspensi yang keras kini menjadi penopang kendaraan yang mumpuni ketika melindas medan tanah berbatu. Stabilitas Pajero Sport di berbagai tingkat kecepatan patut dipuji, ditambah lagi dengan penggunaan chassis ladder frame yang rigid.

Bagaimana dengan Super Select 4WD-nya? Terdapat tiga mode gerak empat roda di sini. Pertama adalah 4H, yang akan membagi tenaga secara seimbang (50:50) ke semua roda di segala tingkat kecepatan. Kemudian 4HLc juga membagi torsi ke semua roda, tapi dengan bantuan central differential lock yang akan membagi tenaga bila salah satu roda berputar berlebihan ketika melewati jalur licin. Terakhir, 4LLc akan membantu dengan memberikan torsi paling maksimal. Yang terakhir ini sangat berguna ketika melewati medan berlumpur atau sangat licin.

Ketiga mode tersebut cukup memuaskan. Mobil dapat melintasi sejumlah rintangan off-road dengan baik dan tanpa pemaksaan. Pajero Sport memiliki ground clearence yang cukup tinggi (215 mm), sehingga membuat kami percaya diri melintasi beberapa gundukan. Radius putar yang hanya 5,6 m membuat Pajero Sport bergerak lincah, baik di medan off-road yang berliku ataupun bermanuver di tempat sempit lainnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar